Yang terbaru dan terbaik dari DNAandMe

Yang terbaru dan terbaik dari DNAandMe

07 February 2024

Apakah Anda tahu kalau tes DNA dilakukan bukan hanya untuk melihat identitas seseorang. Banyak manfaat dari tes DNA yang didapatkan termasuk mendeteksi berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh serta mengembangkan potensi diri Anda.  

 

DNA adalah singkatan dari deoxyribonucleic acid, yang merupakan molekul yang berisi instruksi genetik  yang dibutuhkan oleh semua maklhluk hidup dalam siklus hidupnya. DNA manusia membentuk 46 kromosom di dalam setiap sel nya. Hal yang unik dari DNA adalah dapat menyimpan semua informasi materi genetik yang akan menentukan sifat dan karakter fisik seseorang 

 
Tes DNA adalah suatu tes untuk mendeteksi DNA (deoxyribonucleic acid) atau asam deoksiribonukleat. Tes genetik melibatkan pemeriksaan darah atau jaringan lainnya untuk menentukan apakah ada perubahan dalam materi genetiknya. 

 

Terdapat berbagai jenis tes DNA yang dilakukan untuk berbagai tujuan, berikut di antara nya:

  • Tes presimptomatik   

Jenis tes ini dilakukan apabila di dalam keluarga terdapat riwayat penyakit genetik, agar dapat diketahui sejak dini apakah memiliki penyakit tersebut.  

  • Tes diagnostik   

Jenis tes DNA ini dilakukan untuk mendeteksi adanya penyakit di dalam tubuh yang disebabkan oleh perubahan genetik.   

  • Carrier Genetic Test   

Tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah Anda dan pasangan memiliki riwayat penyakit yang dapat membawa atau diturunkan kepada anak seperti fibrosis kistik, atau anemia sel sabit . Tes ini bisa Anda lakukan sebelum memiliki anak.   

  • Non-Invasive Prenatal Testing  

Tes ini dilakuan pada ibu hamil, untuk mendeteksi untuk mendeteksi perubahan dalam gen atau kromosom janin seperti trisomy 21 (sindrom down), trisomy 18 (sindrom edward), trisomy 13 (sindrom patau) serta mikrodelesi.   

  • Tes pra-implantasi (Preimplantation genetic Testing)  

Tes ini dilakukan pada pasangan suami istri yang sedang menjalankan program kehamilan bayi tabung dengen mendeteksi kelainan jumlah kromosom pada embrio yang akan di implantasi ke rahim.  

  • Newborn screening  

Tes ini dilakukan untuk mendeteksi penyakit genetik pada bayi baru lahir. Deteksi dini penyakit-penyakit ini dapat mencegah timbulnya gejala atau meminimalkan keparahan penyakit. 

  • Farmakogenetik   

Tes ini dilakukan untuk membantu dokter menentukan obat dan dosis yang optimal untuk pengobatan penyakit tertentu.   

  • Nutrigenomik   

Tes ini dilakukan untuk membantu mengetahui apakah tubuh Anda dapat mengolah nutrisi secara optimal.   

  • Pengujian forensik  

Tes ini digunakan bukan untuk mengidentifikasi seseorang yang berisiko terkena penyakit genetik. Pengujian forensik dilakukan untuk tujuan hukum seperti investigasi kriminal, pertanyaan tentang ayah kandung, dan identifikasi setelah peristiwa bencana. 

 

 

Saat ini di Indonesia tidak banyak laboratorium yang dapat melakukan tes DNA, salah satu laboratorium yang dapat melakukan tes DNA adalah Laboratorium Diagnos. Laboratorium Diagnos memiliki pemeriksaan tes DNA yaitu DNAandMe.  

DNAandMe adalah layanan pemeriksaan DNA untuk mengetahui variasi genetik yang unik pada seorang individu.  

 

Mengapa harus tes DNAandMe ?  

Pemeriksaan DNA pada tes DNAandMe memiliki beberapa keunggulan dibandingkan laboratorium lain yang tentu nya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya:  

  • Guide your lifestyle  

Tes DNAandMe dapat memberikan informasi untuk kamu mengenai respon diet dan nutrisi serta kebugaran sehingga kamu dapat menentukan diet dan olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh.  

  • Know your disease risk early  

Tes DNAandMe dapat memberikan informasi untuk kamu mengenai risiko penyakit dan alergi, sehingga kamu dapat mengelola Kesehatan lebih baik.  

  • Understand everything your DNA can tell  

Tes DNAandMe dapat memberikan informasi untuk kamu mengenai level stress dan potensi akademik serta non-akademik, sehingga dapat membantu kamu untuk mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan pengembangan diri.  

 

Apa saja keunggulan DNAandMe dibandingkan tes DNA yang lain?  

 

Tes DNAandMe memiliki keunggulan sebagai berikut:  

  • Menggunakan teknologi canggih microarray dengan akurasi hingga 99%  

  • Analisis data menggunakan basis data DNA asia  

  • Laboratorium Diagnos memberikan layahan home service untuk pengambilan sampel di rumah 

  • Dapat diakses dengan mudah dalam satu aplikasi DNAandMe  

  • Hasil tes memiliki garansi keamanan dan kerahasiaan data 

  • Hasil tes dapat dikonsultasikan kepada ahli genetik yang ada di Laboratorium Diagnos 

 

Bagaimana proses pemeriksaan DNAandMe ? 

 

  • Pengambilan sampel  

Saat pengambilan sampel, pasien wajib untuk puasa makan dan minum dan tidak merokok satu jam sebelum tes dilakukan. Sampel akan diambil dari spesimen rongga mulut di sisi dalam pipi kiri dan kanan.  

  • Pemrosesan sampel  

Spesimen yang telah diambil akan diolah dan dianalisa di laboratorium Diagnos  

  • Hasil tes  

Hasil tes dapat diakses melalui aplikasi DNAandMe dalam 25 hari kerja. 

  • Konsultasi hasil tes  

Anda dapat melakukan konsultasi hasil tes dengan dokter dan melakukan booking terlebih dahulu melalui aplikasi DNAandMe   

 

 

Apa saja produk DNAandMe ? 

 

Tes DNAandMe pada laboratorium Diagnos memiliki dua jenis produk unggulan, di antara nya sebagai berikut:  

1. DNAandMe Premium  

Pemeriksaan DNAandMe premium meliputi 21 kategori, total 261 laporan. Pada pria sebanyak 254 laporan, dan pada wanita sebanyak 256 laporan.  

2. DNAandMe Ultimate  

  • Pemeriksaan DNAandMe ultimate meliputi 19 kategori, total 360 laporan. Pada pria sebanyak 351 laporan, dan pada wanita sebanyak 351 laporan. 

  • Memiliki fitur highlighted result yang memudahkan pasien dalam mengkategorikan hasil yang memiliki skor risiko tinggi dan risiko rendah berdasarkan skrining genetik.  

  • Memiliki fitur interactome yang dapat mengajak Anda untuk memahami bahwa suatu kondisi dapat disebabkan oleh berbagai faktor risiko. Selain itu suatu kondisi juga dapat menimbulkan kondisi lainnya (komplikasi).  

  • Ultimate DNA dilengkapi dengan 4 panel di dalam interactome yakni Diabetes Tipe 2, Stroke, Chronic Kidney Disease dan CAD. 

  

Selain menggunakan alat yang canggih dan akurat, banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan dari satu pemeriksaan sampel di Tes DNAandMe. Ayo rencanakan masa depan yang lebih baik dengan tubuh yang sehat dengan mengetahui sejak dini riwayat penyakit di dalam tubuh dan cara mengembangkan diri secara optimal yang sesuai dengan karakteristik DNA Anda.  

Anda dapat melakukan pendaftaran di aplikasi DNAandMe atau dapat menghubungi Call Center Diagnos di 1500-358 atau di Whatsapp Call Center di 08551500358.  

 

Referensi :  

  1. Genetic testing. National Library of Medicine. Diakses Januari 2024 

  2. Genetic test for the prescription of diets in support of physical activity. National Library of Medicine. Diakses Januari 2024.  

 

Mungkin Anda suka

Harga Emas Capai Tertinggi 4 Minggu, Laporan Inflasi AS Kejutkan Pasar

Harga Emas Capai Tertinggi 4 Minggu, Laporan Inflasi AS Kejutkan Pasar

Laboratorium Diagnos (DGNS) IPO Hari Ini, Lepas 250 Juta Saham

Laboratorium Diagnos (DGNS) IPO Hari Ini, Lepas 250 Juta Saham

2023 PT Diagnos Laboratorium Utama, Tbk