Diagnos Laboratorium Hadirkan Layanan pemeriksaan SARS-CoV-2 S Kuantitatif

Diagnos Laboratorium Hadirkan Layanan pemeriksaan SARS-CoV-2 S Kuantitatif

04 February 2021

PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk. merilis produk inovasi melalui pemeriksaan keberadaan antibody terhadap virus penyebab Covid-19, SARS CoV-2, S kuantitatif yang dilakukan setelah vaksinasi.

Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mengevaluasi respons imun individu terhadap area Receptor Binding Domain (RBD) protein Spike (S) virus SARS-CoV-2. Tes ini dapat mengukur secara kuantitatif antibodi total terhadap SARS-CoV-2 pada pasien yang telah terpapar virus.

Sampel untuk pemeriksaan Anti SARS-CoV-2 S Kuantitatif diperoleh melalui pengambilan darah vena sejumlah minimal 3 mL.  Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pemeriksaan adalah 3-4 jam sesudah sampel diterima di laboratorium, sehingga laporan dapat diterima pasien dalam 24 jam.

Perbedaan dengan pemeriksaan Anti SARS-CoV-2 (kualitatif) terletak pada antibodi yang dideteksi. Anti-SARS-CoV-2 mendeteksi antibodi terhadap protein Nucleocapsid (N), sedangkan pemeriksaan Anti SARS-CoV-2 S Kuantitatif mendeteksi antibodi terhadap protein S-RBD. Antibodi terhadap protein S-RBD diketahui memiliki daya netralisasi terhadap virus SARS-CoV-2.

Pemeriksaan Anti SARS-CoV-2 S Kuantitatif disarankan bagi penyintas COVID-19 atau orang yang pernah terinfeksi COVID-19, pasien pasca-vaksinasi COVID-19, dan terapi plasma konvalesen (skrining pendonor dan pemantauan resipien). Pemeriksaan Anti SARS-CoV-2 S Kuantitatif dapat dilakukan setidaknya 14 hari setelah dosis vaksin terakhir untuk mendeteksi sudah terjadinya serokonversi, lalu secara berkala setiap 3-6 bulan; secara berkala 3-6 bulan untuk para penyintas; dan sebelum memberikan donor plasma konvalesen

Anti SARS CoV-2S Quantitative adalah salah satu dari lima produk baru yang akan diluncurkan Diagnos tahun ini. Empat produk lain adalah Oncogenomics, Nutrigenomics, Pharmagenomics, Microorganism Culture.

Mungkin Anda suka

DGNS Lakukan Penyertaan Saham Rp 7,5 Miliar di Startup Nalagenetics Pte Ltd

DGNS Lakukan Penyertaan Saham Rp 7,5 Miliar di Startup Nalagenetics Pte Ltd

Cuma Bayar Rp 99 Ribu, Warga Bisa Cek Kolesterol Lengkap di Diagnos Batam

Cuma Bayar Rp 99 Ribu, Warga Bisa Cek Kolesterol Lengkap di Diagnos Batam

2023 PT Diagnos Laboratorium Utama, Tbk