JAKARTA, AKSIKATA.COM – Sebagai upaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk (DGNS) meluncurkan produk DNAandMe yang merupakan pemeriksaan genetik dari Diagnos Genomics yang bisa memberikan informasi mengenai keunikan seorang individu berdasarkan susunan gen yang menyusun seorang individu tersebut.

Adapun pemeriksaan genetik adalah mengidentifikasi variasi dan mutasi genetik seseorang individu, kemudian menerjemahkan maknanya sehingga menghasilkaninformasi seputar kesehatan, sifat dan karakteristik seseorang.

Direktur Utama Laboratorium Diagnos Mesha Rizal Sini, dalam jumpa pers, Selasa (19/7/2022) menjelaskan, tes genetik atau DNA dapat menginformasikan risiko genetikuntuk berbagai kondisi kesehatan. “Ini akan membantu kita untuk mengambil keputusan yang tepat tentang perubahan yang ingin kita buat dalam gaya hidup untuk mencapai tujuan dan kebugaran” jelasnya.

Sejak membuka layanan, Diagnos Genomics berfokus melayani pemeriksaan genetik untuk kesehatan reproduksi, ibu hamil, pasangan yang mendambakan buah hati dan pemeriksaanterkait onkologi. Diagnos Genomics memanfaatkan berbagai teknologi dalam bidang molekuler diagnostik dari PCR konvensional, digital PCR, MicroArray, hingga Next Sequencing Generation yang merupakan teknologi terbaru.

Diagnos Genomics juga bekerjasama dengan para ahli genetik untuk memberikan layanan konsultasi agar memberi pemahaman yang benar mengenai ilmu genetik, perkembangannya serta aplikasinya dalam kehidupan.

“Dengan mengetahui sifat unik ini, kita bisa memaksimalkan potensi diri dan meminimalkanresiko yang akan timbul dimasa depan,” kata Mesha.

Laporan pemeriksaan DNA mencakup varian pada gen pada diri seseorang akan ditunjukkan dari hasil analisis di Laboratorium dan interpretasi hasil merujuk pada data danjurnal ilmiah, sample diproses dengan menggunakan teknologi canggih sehinggamenghasilkan akurasi data pada gen-gen yang di analisis.

Diagnos Genomics jugam enyediakan aplikasi DNAandMe pada gawai pintar sehingga memudahkan penggunadalam melakukan pemesanan, mengunduh laporan hasil, melakukan pembuatan jadwal konsultasi dan mengakses konten informatif dan edukatif.

Pemeriksaan DNAandMe menggunakan basis data DNA Asia dengan akurasi dari hasil
pemeriksaan hingga 98,5%. Akurasi tinggi juga disertai kapasitas analisis besar terhadap ribuan penanda genetik secara simultan dengan menggunakan teknologi MicroArray (Illumina Tech).

Dari pemeriksaan itu akan diketahui, profil unik seputar diri kita, tipe kepribadian dan perilaku, potensi akademik dan non-akademik, resiko kesehatan, kebutuhan nutrisi dan berbagai informasi penting lain. Selain itu, untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pasien dalam pengambilan spesimen genetik, Diagnos menyediakan layanan homecare service yang dapat diakses melalui call center Diagnos.

Calon pasien dapat mendatangi 38 lokasi laboratorium Diagnos yang tersebar di Indonesia. Pasien akan diberikan sebuah kotak yang berisi alat usap serta cara penggunaannya. Setelah itu, pasien akan diminta untuk melakukan peng-usapan (swap) di area dalam pipi kanan dan kiri). Hasil usap tersebut kemudian dimasukkan ke kotak yang telah disediakan dan kemudian dikirim kembali ke laboratorium. Hasil dari DNAandMe akan didapat paling lama selama 25 hari kerja.

Pemeriksaan DNAandMe menggunakan basis data DNA Asia dengan akurasi dari hasil pemeriksaan hingga 98,5%. Laporan pemeriksaan yang didapat berupa 270+ hasil laporan yang dibagi dalam 21 kategori meliputi karateristik general well being dan faktor resiko penyakit dari pasien.

sumber : https://aksikata.com/2022/07/20/diagnos-luncurkan-pemeriksaan-genetik-dnaandme/