Kebutuhan pemeriksaan genetik tidak hanya untuk mengetahui gen seseorang, tapi juga mampu mengidentifikasi variasi dan mutasi  genetik individu, kemudian menerjemahkan maknanya sehingga menghasilkan  informasi seputar kesehatan, sifat dan karakteristik seseorang.

Jadi, bisa diketahui potensi akademik diri seseorang, risiko penyakit yang akan muncul, kebutuhan nutrisi dan lainnya. Usia pemeriksaan individu idealnya mulai 2 tahun hingga orang tua. Dan tes ini hanya cukup dilakukan sekali seumur hidup.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat seperti itu, PT  Diagnos Laboratorium Utama Tbk (DGNS) meluncurkan produk DNAandMe, pemeriksaan genetik dari Diagnos Genomics.

“Manfaat pemeriksaan DNAandMe adalah bisa memberikan informasi  mengenai keunikan seorang individu berdasarkan susunan gen yang menyusun seorang  individu tersebut,” ujar Direktur Utama Laboratorium Diagnos Mesha Rizal Sini di Jakarta (19/7/2022).

Rizal menjelaskan, tes genetik atau DNA dapat menginformasikan risiko genetik  untuk berbagai kondisi kesehatan. “Ini akan membantu kita untuk mengambil keputusan  yang tepat tentang perubahan yang ingin kita buat dalam gaya hidup untuk mencapai tujuan  kesehatan dan kebugaran,” jelasnya di Jakarta (19/7/2022).

Sejak membuka layanan, Diagnos Genomics berfokus melayani pemeriksaan genetik untuk  kesehatan reproduksi, ibu hamil, pasangan yang mendambakan buah hati dan pemeriksaan  terkait onkologi. Diagnos Genomics memanfaatkan berbagai teknologi dalam bidang  molekuler diagnostik dari PCR konvensional, digital PCR, MicroArray, hingga Next  Sequencing Generation yang merupakan teknologi terbaru.

Diagnos Genomics juga bekerja  sama dengan para ahli genetik untuk memberikan layanan konsultasi agar memberi  pemahaman yang benar mengenai ilmu genetik, perkembangannya serta aplikasinya dalam  kehidupan.  “Dengan mengetahui sifat unik ini, kita bisa memaksimalkan potensi diri dan meminimalkan  risiko yang akan timbul di masa depan,” kata Mesha.

Laporan pemeriksaan DNA mencakup varian pada gen pada diri seseorang akan  ditunjukkan dari hasil analisis di Laboratorium dan interpretasi hasil merujuk pada data dan  jurnal ilmiah, sample diproses dengan menggunakan teknologi canggih sehingga  menghasilkan akurasi data pada gen-gen yang di analisis. Diagnos Genomics juga  menyediakan aplikasi DNAandMe pada gawai pintar sehingga memudahkan pengguna  dalam melakukan pemesanan, mengunduh laporan hasil, melakukan pembuatan jadwal  konsultasi dan mengakses konten informatif dan edukatif.

Pemeriksaan DNAandMe menggunakan basis data DNA Asia dengan akurasi dari hasil  pemeriksaan hingga 98,5%. Akurasi tinggi juga disertai kapasitas analisis besar terhadap  ribuan penanda genetik secara simultan dengan menggunakan teknologi MicroArray (Illumina Tech).

Dari pemeriksaan itu akan diketahui, profil unik seputar diri kita, tipe kepribadian dan  perilaku, potensi akademik dan non-akademik, risiko kesehatan, kebutuhan nutrisi dan berbagai informasi penting lain. Selain itu, untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan  pasien dalam pengambilan spesimen genetik, Diagnos menyediakan layanan homecare  service yang dapat diakses melalui call center Diagnos.

Proses pemeriksaan dari awal pengambilan sampel hingga selesai menganalisanya sekitar 25 hari. “Kami targetkan 10 ribu tes pemeriksaan Genetik DNAandMe. Biayanya sekitar Rp 4 juta tiap tes pemeriksaan. Lokasi pemeriksaan di semua cabang Diagnos Genomics di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

sumber : https://swa.co.id/swa/trends/diagnos-bidik-10-ribu-tes-pemeriksaan-genetik-dnaandme