PT Diagnos Laboratorium Utama Tbk (DGNS) sebagai salah satu emiten laboratorium klinik memiliki laboratorium molecular dari semenjak awal pandemic covid-19 menyerbak. Ini membuat DGNS menjadi salah satu laboratorium yang terdepan dalam melakukan pemeriksaan terkait dengan covid-19.

Pemeriksaan covid-19 yang dilakukan DGNS meningkat seiring dengan bertambahnya kasus positif covid-19 yang disebabkan maraknya varian omikron yang sedang melanda Tanah Air. Corporate Secretary DGNS Fanfan Riksani menyatakan berbekal dengan jangkauan pelayanan yang meluas ke seluruh Indonesia, pihaknya dapat menjalankan rata-rata lebih dari 1.000 tes per hari selama masa lonjakan pasien covid-19 karena varian omikron.

Selain itu, DGNS menyediakan pemeriksaan covid-19 yang khusus untuk mendeteksi variant omikron dengan mengadakan pemeriksaan PCR (polymerase chain reaction) dengan metode SGTF (S-Gene target failure). Pasalnya, banyak masyarakat Indonesia yang terjangkit covid-19 dengan varian omikron.

Bertahan untuk tetap menjaga kualitas dari pemeriksaan merupakan tantangan sendiri bagi DGNS semasa lonjakan kasus covid-19. Terlebih lagi dengan segala keterbatasan yang ada akibat protokol kesehatan yang semakin ketat. “Banyak upaya yang telah DGNS upayakan seperti memberikan pelayanan terbaik dari penerimaan pasien sampai dengan memberikan hasil pemeriksaan yang tepat dan cepat terus menjadi fokus utama dari DGNS untuk tetap berhasil menjadi laboratorium yang terdepan dalam melayani pemeriksaan covid-19,” terangnya. (RO/OL-14)

Sumber: https://mediaindonesia.com/humaniora/468706/omikron-merebak-dgns-lakukan-sampai-1000-tes-sehari